PENGEMBANGAN ALAT PEMOTONG TAHU YANG ERGONOMIS DENGAN MENGGUNAKAN METODE RULA

Dwi Nurul Izzhati

Abstract


Alat pemotong tahu ini merupakan penelitian lanjutan dari alat pemotong tahu yang telah dibuat sebelumnya di perusahaan tahu Langen Sari Ungaran. Analisa sistem kerja difokuskan kepada pekerja melalui pendekatan ergonomis dan interaksi antara manusia (pekerja) dengan alat pemotong tahu.

Dengan menggunakan metode rula yang dikembangkan untuk mengetahui postur kerja atau faktor resiko yang patut mendapatkan rekomendasi lebih jauh lagi. Selanjutnya dilakukan perbaikan dan perancangan ulang alat pemotongan tahu. Postur kerja yang tidak benar dan kerja statis yang menjadi faktor resiko utama yang sering dijumpai pada pekerja dapat diketahui dan diukur.

Setelah dilakukan pengukuran dengan metode rula alat pemotong tahu sebelumnya diketahui upper arm  skor: 3, lower arm skor: 1, wrist skor: 3, neck skor:2, trunk skor:2, legs skor: 1,muscle skor:1, force: 0 sehingga dihasilkan grand score table  sebesar 4 berarti penelitian dan perubahan mungkin diperlukan.

Dari hasil rekomendasi skor metode rula  dan pendekatan prinsip-prinsip ergonomi,  maka output (luaran) dari penelitian ini berupa solusi dan rekomendasi yang bersifat implementatif.  Evaluasi pengukuran metode rula dan kajian ergonomi ini diharapkan secara konkrit menghasilkan sebuah usulan alternatif berupa modifikasi rancangan pemotong tahu, yang sederhana, murah dan mampu diaplikasikan guna meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil kerja di perusahaan tahu tersebut .

Kata kunci: Pemotong Tahu, Metode Rula, Ergonomi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.